Menu Tutup

Destinasi Wisata Di Situbondo

Salah satu kota di Jawa Timur ini memang bukan destinasi utama bagi para wisatawan dari luar daerah. Hal tersebut dikarenakan Situbondo tidak berstatus Kota Wisata, padahal tempat wisatanya tidak kalah kalau dibanding dengan tempat lain, seperti Kota Malang yang terkenal dengan outbound training di Malangnya. Situbondo sebenarnya memiliki hutan nasional, Gunung Argopuro, pantai-pantai yang cantik, hingga pada savanna yang mirip seperti di Afrika.

Kabupaten satu ini juga memiliki tradisi bernama Ojung yang menjadi daya tarik lainnya, dalam tradisi ini dua orang akan saling memukul badan menggunakan senjata rotan. Karena mayoritas penduduknya adalah suku Madura, maka bahasa daerah yang digunakan di sini adalah Bahasa Madura. Tapia da juga yang menggunakan Bahasa Jawa, walaupun lebih sedikit. Setelah membaca sedikit ulasan tentang Situbondo, tetu kamu makin penasaran kan dengan destinasi apa saja yang ada di daerah ini? Langsung simak yuk daftarnya di bawah ini.

Kampung Kerapu

Salah satu atraksi utama yang dimiliki oleh Situbondo adalah keramba kerapu. Selain jumlah kerambah yang mencapai puluhan, ada juga dermaga apung yang dibentuk melingkar di atas laut. Dermaga sepanjang 300 meter ini terbuat dari kayu dan posisinya yang menjorok ke tengah laut. Kamu bisa jalan-jalan di atas dermaga sambil melihat keramba ikan dari dekat.

Waktu terbaik untuk datang ke tempat ini adalah pada sore hari, karena ada pemandangan matahari terbenam yang bisa kamu saksikan. Tempat ini pun juga dilengkapi dengan fasilitas perahu wisata yang akan mengantarmu menuju keramba-keramba di tengah laut. Selain itu, kamu juga bisa memancing aneka jenis ikan yang dibudidayakan. Tujuan dibentuknya objek wisata ini sendiri adalah untuk mengenalkan sumber daya laut dan konservasi hayati yang dimiliki Situbondo.

Kampung Blekok

Di tempat ini kamu bisa merasakan suasana nyaman yang terasa sangat kental, jaraknya yang berkisar 10 km dari Kota Situbondo menjadikannya mudah dijangkau. Bukan saja lautnya yang indah, hutan mangrove yang nampak hijau dan menjadi habitat beragam burung laut membuat siapapun pengunjungnya pasti merasa betah.

Pada tahun 2017 tempat ini ditetapkan sebagai kawasan ekowisata mangrove dan burung air, sehingga tidak heran kalau kamu akan berjumpa dengan kelompok hewan bersayap ini dengan mudah. Kalau kamu ingin mendapat pemandangan tidak biasa, datanglah pada jam 5 pagi atau 5 sore, karena pada saat itu kawanan burung akan keluar dari sarangnya dan memenuhi langit.

Itulah beberapa tempat wisata di Situbondo yang bisa kamu kunjungi saat liburan di Jawa Timur. Selain destinasi tersebut, tentu masih banyak tempat lain yang bisa kamu datangi saat liburan di kota ini. Menarik sekali bukan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *