Menu Tutup

Pesona Sumber Jenon Malang

Mempunyai banyak obyek wisata menarik, jadikan Malang salah satunya kota yang seringkali didatangi pelancong, baik pelancong dalam negeri atau luar negeri. Sebutlah saja Kampung Warna Warni Jodipan, Museum Angkut, Jawa timur Park, serta ada banyak lagi. Salah satunya wisata menarik yang lain di Malang ialah wisata sumber mata airnya. Dari demikian beberapa sumber mata air, Sumber Jenon jadi salah satunya yang harus Anda datangi. Dengan situasi yang asri serta air yang jernih pasti tempat ini wajar untuk didatangi. Berikut Kami beri penjelasan tentang keelokannya.

Sumber Jenon Malang adalah sumber mata air alami yang berupa kolam dengan warna air yang biru kehijau-hijauan. Dengan situasi yang asri serta sejuk bertandang ke tempat ini akan memberi rileksasi buat Anda yang ingin istirahat dari semua kesibukan. Kolam Sumber Jenon Malang Jawa Timur mempunyai kedalaman seputar 6,5 mtr. dengan panjang seputar 50 m serta lebar 30 mtr. dengan sisi fundamen kolam ditutupi oleh batako. Yang sangat menarik dari sumber mata air ini ialah ada tangkai pohon jenu yang ada di sumber mata air dengan tempat pohon membujur dari tempat arah barat mengarah timur.

Di kolam Sumber Jenon Malang Jawa Timur ada ikan yang disebutkan ikan Sengkaring berumur beberapa ratus tahun. Ikan itu berwarna hitam polos yang sejumlah 37 ekor memiliki ukuran 50 cm untuk anakan serta 170 cm untuk indukan ikan. Kecuali berwarna hitam, ikan sengkaring jug ada yang berwarna merah. Sumber Jenon Malang ini dipercayai bisa mengobati beberapa tipe penyakit, diantaranya penyakit kulit. Sumber mata air ini mempunyai kesan-kesan situasi asri sebab jumlahnya beberapa pohon yang melingkari kolam serta masyarakat yang masih tetap menjaga kealamian tempat ini.

Ada satu legenda yang menempel dengan Sumber Jenon Malang ini. Legenda tentang asal-mula nama Jenon dapat diberi. Berdasar narasi masyarakat, asal mula Sumber Jenon Malang bermula dari cerita pasangan suami istri Rantung Grati serta Irogat. Mereka datang dari Mataram serta pindah ke wilayah yang saat ini jadi tempat sumber mata air sebab perang. Rantung Grati serta Irogat hidup dengan berkebun. Sampai satu waktu kemarau menempa serta mereka kekurangan air untuk berkebun hingga tanaman mereka jadi mati semua.

Lihat hal itu Rantung Grati putuskan untuk cari pengairan buat tanamannya. Rantung Grati selanjutnya bertapa di Gunung Harimau persisnya di bawah pohon Jenu. Waktu dalam waktu pertapaan ada angin kencang yang mengakibatkan pohon Jenu roboh serta menimbulkan sumber air yang mengalir deras, sebab karena sangat saking derasnya, karena itu mata air itu membuat kubangan air besar yang sekarang diketahui dengan nama Jenon.

Ada banyak kesibukan yang bisa Anda kerjakan di Sumber Jenon ini, seperti berenang serta menyelam. Ada bisa nikmati sensasi kesegaran air Sumber Jenon Malang Jawa Timur dengan berenang di kolamnya. Tetapi, mengingat kedalaman kolam buat Anda yang tidak cakap berenang Anda bisa sewa ban yang ada disana. Harga yang biaya ban sejumlah Rp 3.000 untuk ban kecil serta Rp 5.000 untuk ban besar. Sedang untuk pekerjaan menyelam sendiri Anda bisa bawa perlengkapan sendiri sebab belum ada disana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *