Menu Tutup

Kasembon Rafting Malang

K

Wisata jeram Kasembon Rafting terletak di Desa Bayem, Kecamatan Kasembon Kabupaten Malang. Desa Bayem ini bebatasan langsung dengan Kabupaten Kediri. Dari pusat Kota Malang, Rafting Kasembon ini berjarak kurang lebih 65 km atau sekitar 1 setengah jam sampai 2 jam perjalanan. Akses untuk menuju lokasi ini lumayan cukup mudah, dari Kota Malang Anda akan melalui Kota Batu, Pujon, Ngantang, terus sampai base camp Kasembon Rafting. Sedangkan dari Kota Kediri, anda hanya harus menuju arah timur melewati Kota Pare, Kandangan, dan Kasembon. Dan jika dari Surabaya berjarak sekitar 125 km, dengan melewati Krian, Mojokerto, Mojoagung, Ngoro (Jombang), Kandangan, dan sampai base camp Kasembon Rafting.

Harga satu paket wisata arung jeram untuk keluarga (Family Trip) Rp 165.000,- per orang dengan peserta minimal 5 orang, Adventure Trip Rp 215.000,- dengan minimal peserta 10 orang, dan Night Rafting Rp 200.000,- dengan minimal peserta 5 orang. Sedangkan paket biasa (Natural Package) dipatok dengan harga Rp 225.000,- per orang dengan minimal peserta 5 orang dan Raft Fun Games Rp 225.000,- per orang dengan minimal peserta 30 orang. Dengan paket wisata ini pengunjung bisa mendapatkan fasilitas berupa snack, softdrink, makan siang prasmanan sampai dengan asuransi. Tersedia 28 perahu dengan berbagai ukuran. Satu perahu diisi 4 sampai 5 orang.

Rafting di Kasembon ini memiliki pemandangan yang sangat indah, tempatnya yang dikelilingi pegunungan dan bukit, serta pemandangan alami sawah – sawah di sisinya. Arus sungai di kasembon rafitng ini memiliki 5 kanal dengan ketinggian 2 sampai 3 meter dan tingkat kesulitan berkisar level 2 sampai 3. Terdapat sekitar 8 jeram, beberapa di antaranya dengan ketinggian hingga 4m sehingga cukup menantang para pengunjung. Bagi yang pemula, arus airnya bisa diturunkan. Sedangkan untuk profesional, arus juga bisa dinaikkan sesuai keinginan. Rafting di Kasembon juga aman karena tebingnya yang tidak terlalu tinggi, sehingga cocok untuk pengungjung yang baru bermain rafting dapat merasakan derasnya aliran sungai tersebut.

Para pengunjung akan mengarungi Sungai Sumberdandang yang berjarak sekitar 7,5 sampai 12,5 kilometer, tergantung paket yang dipilih, dengan lama pengarungannya mencapai kurang lebih 2 jam bagi rafter yang pemula. Jalur pengarungan di Kasembon Rafting ini melewati Desa Bayem, Bejirejo, Sepudak dan akan berakhir di Desa Mangir yang masih berada dalam wilayah Kecamatan Kasembon. Peserta rafting yang berarung jeram akan dilengkapi dengan peralatan lengkap rafting seperti baju, helm, pelampung, dan dayung. Serta peserta juga bisa menikmati snack ringan dan minuman hangat di rest area. Paket di atas sudah termasuk pemandu rafting yaa dengan regu penyelamat, shutle service atau angkutan penjemputan dari tempat finish ke basecamp, makan siang atau makan sore prasmanan dengan menu pedesaan dan asuransi jiwa.

Sebelum mengarung di Sungai Sumber dandang, para rafter mendapatkan brefing terlebih dahulu dari guide yang akan mendampinginya, seperti bagaimana caraa mendayung dengan benar, atau arahan sertaa instruksi yang harus dipatuhi para peserta. Satu tim terdiri dari maksimal 5 peserta dengan didampingi satu River Guide atau skyper yang bertugas mengendalikan dan memandu para rafter selama kegiatan rafting. Saat mulai rafting dari start point yang berada di tengah – tengah sawah, andrenalin mulai ditantang untuk menaklukkan Sungai Sumber dandang yang deras. Tetapi dengan para guide yang sabar dan profesional akan makin menambah pengalaman baru berpetualang di alam bebas dengan aman dan nyaman. Bagi anak-anak pun juga cukup aman untuk mencoba rafting di kasembon rafting, karena air sungai yang dapat disesuaikan bagi para anak anak atau dewasa. Jangan terkejut jika terkadang guide atau operator iseng membalikkan perahu, hal itu untuk menambah suasana rafting makin ceria.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *